Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya, dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain (atau sudah dijelaskan dalam Komentar kepada Editor).
  • File naskah dalam format dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  • Referensi yang dapat diakses online telah dituliskan URL-nya.
  • Naskah diketik dengan teks 1 spasi; font 12; menggunakan huruf miring, bukan huruf bergaris bawah (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel diletakkan dalam teks pada tempat yang diharapkan, bukan dikelompokkan tersendiri di akhir naskah.
  • Naskah mengikuti aturan gaya selingkung dan bibliografi yang disyaratkan dalam Panduan Penulis.

Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN

  1. Judul. Judul menggambarkan subjek naskah secara memadai, jelas, tepat, bukan multi-interpretasi dan terdiri dari maksimal maksimal 15 kata, menggunakan huruf besar diawal kata, dengan ukuran dan type huruf 14pt, Times New Roman, center, Bold.
  2. Penulis. Jumlah maksimum penulis adalah 3 orang. Nama penulis harus ditulis tanpa diikuti oleh Gelar Akademik.  Harap menuliskan dengan jelas siapa yang bertanggung jawab atas korespondensi di semua tahap publikasi (Corresponding Author), termasuk pasca publikasi. Pastikan penulisan nama, alamat email, institusi dan lainnya sesuai dengan template.
  3. Abstrak. Abstrak diharapkan untuk meringkas semua isi naskah/artikel penelitian. Abstrak dibuat dalam bentuk paragraf dengan jumlah kata 100 sampai dengan 250. Abstrak terdiri dari inti latar belakang masalah, tujuan penelitian, metode penelitian (populasi, metode penentuan sampel, sampel, teknik analisis data), simpulan utama, kebaruan penelitian dan implikasi penelitian. Abstraksi tidak diizinkan menggunakan singkatan. Dalam Abstrak tidak diizinkan untuk menyertakan merek dagang dan mengandung kutipan. Kata kunci (Keyword) menyatakan kata kunci inti tentang penelitian yang dilakukan terdiri dari 3-5 kata dan atau frase, dipisah dengan titik koma (;) dan diurut berdasarkan alpabet.
  4. Pendahuluan. Pendahuluan menjelaskan latar belakang dan telaah literatur yang mendukung. Uraian latar belakang harus menjawab beberapa pertanyaan berikut. Apa masalah yang diteliti? Apakah terdapat solusi terhadap masalah tersebut? Bila terdapat solusi terhadap masalah tersebut, apa batasan solusi terhadap masalah tersebut, sehingga pentingkah untuk dilakukan penelitian kembali? Apa gap yang berharap diisi oleh penelitian yang dilakukan? Bagaimana penelitian yang dilakukan dapat mengisi gap tersebut? Uraian telaah literatur harus menjawab pertanyaan berikut. Apa paper utama awal tentang topik yang diteliti? Apa kemajuan yang dihasilkan oleh penelitian-penelitian berikutnya setelah paper tersebut ditulis hingga kini? Apa karya-karya terkini yang paling relevan berkontribusi terhadap topik tersebut? Apa pencapaian dan batasan dari karya-karya terkini tersebut? Bagaimana penelitian yang dilakukan bisa mengisi gap karya-karya terkini tesebut? Struktur pendahuluan sebaiknya dimulai dari definisi dari topik penelitian. Kemudian dilanjutkan dengan uraian masalah penelitian, tujuan penelitian, pengantar untuk telaah literature / landasan teori yang berisi teori-teori yang mendukung penelitian, survey literatur yang terkait, telaah literatur, tujuan dari karya-karya terkini, kontribusi penelitian yang dilakukan, hasil utama yang diharapkan (dapat diuraikan dalam bentuk hipotesis penelitian), implikasi hasil penelitian. Diakhiri dengan garis besar struktur artikel. Setiap keterkaitan atau penjelasan variable harus disertai dengan dasar penelitian sebelumnya dari artikel bereputasi baik nasional maupun internasional (masing-masing minimal 5 artikel dari jurnal bereputasi). Wajib melakukan paraphrase dari teori ataupun kutipan yang diambil dari artikel terdahulu. ( Proporsi Pendahuluan 15-20% dari total panjang artikel, dan tidak boleh ada sub bab atau penomoran )
  5. Metode Penelitian. Metode penelitian menguraikan secara singkat langkah-langkah yang dilakukan untuk menjawab permasalahan penelitian. Metode penelitian harus menjawab beberapa pertanyaan berikut. Apa yang diteliti? Dimana penelitian dilakukan dan apa karakteristik lokasi penelitian? Dimana sumber data penelitian? Apa populasi dan bagaimana metode sampling yang digunakan? Bagaimana memperoleh data? Bagaimana mengukur variabel dalam penelitian? Bagaimana menganalisa data? Prosedur statistik apa yang digunakan? Apa kesulitan yang ditemui selama melakukan penelitian? Apa keunggulan metode yang digunakan dalam penelitian ini dibandingkan dengan penelitian yang lain? Pada bagian ini, setiap peneliti diharapkan dapat memberikan kontribusi terbaru terkait dengan solusi untuk masalah yang ada. Peneliti juga dapat menggunakan gambar, diagram dan diagram alur untuk menjelaskan solusi untuk masalah ini. ( Proporsi Metode Penelitian 15-20% dari total panjang artikel, dan tidak boleh ada sub bab atau penomoran )
  6. Hasil & Pembahasan. Pada bagian ini, peneliti akan menjelaskan hasil penelitian yang diperoleh. Hasil dan pembahasan ditulis secara berpadu dan runut. Hasil penelitian menguraikan secara terperinci hasil pengujian dan analisis statistika yang dilakukan. Pembahasan penelitian menguraikan interpretasi teoritis dan implikasi dari hasil penelitian. Hasil penelitian harus menjawab beberapa pertanyaan berikut. Apa yang ditemukan? Apa yang tidak ditemukan? Apa yang ditemukan yang tidak diharapkan untuk ditemukan? Pembahasan penelitian harus menjawab beberapa pertanyaan berikut. Apakah temuan penelitian konsisten atau tidak konsisten dengan temuan penelitian lainnya? Apa justifikasi personal peneliti terhadap temuan penelitian? Apa interpretasi lainya yang memungkinkan terhadap temuan penelitian? Apakah batasan dari penelitian yang dilakukan yang dapat mempengaruhi temuan penelitian? Apakah interpretasi peneliti memberi kontribusi pada beberapa pemahaman baru terhadap permasalahan penelitian? Apakah temuan penelitian yang dilakukan memiliki validitas eksternal yang kuat? Apakah generalisasi hasil penelitian dapat dilakukan pada area yang lain? Apakah implikasi atau aplikasi yang memungkinkan dari temuan penelitian? Apakah diperlukan penelitian lanjutan untuk menjelaskan masalah yang muncul dari temuan penelitian?

    Peneliti juga dapat menggunakan gambar, tabel dan kurva untuk menjelaskan hasil penelitian. Setelah selesai menjelaskan hasil penelitian, peneliti dapat memberikan diskusi sederhana terkait dengan hasil uji coba penelitian. ( Proporsi Hasil dan Pembahasan            40-60% dari total panjang artikel, dan tidak boleh ada sub bab atau penomoran ). Aturan penulisan tabel dan gambar (peta dan grafik), yaitu:

    1. Judul tabel diberi nomor urut dengan angka Romawi, diletakan di tengah-tengah, berjarak satu spasi dengan tabel dan ukuran font
    2. Tabel tidak berisi garis vertikal, spasi satu dan ukuran font
    3. Judul gambar diberi nomor urut dengan angka latin, diletakkan di kiri bawah Sumber gambar diletakkan di kiri bawah dengan jarak satu spasi dan ukuran font 10.
    4. Bila tabel atau gambar yang disajikan diambil atau dikutip dari suatu sumber tertentu, maka sumber ditulis di bawah tabel atau gambar dengan jarak 1 (satu)
    5. Sedapat mungkin tabel disajikan dalam satu halaman yang Apabila tabel lebih dari satu halaman dan terpaksa harus diputus, maka dapat dilanjutkan dengan halaman berikutnya namun diberi keterangan lanjutan dan diberi judul tabel, dan judul kolom (kepala tabel).
    6. Penulisan data dengan angka desimal menggunakan tanda koma (,)
  7.  Kesimpulan dan Saran. Bagian ini berisi kesimpulan tentang penelitian yang dilakukan dan saran untuk penelitian lebih lanjut. Kesimpulan menyajikan uraian singkat dari temuan penelitian yang paling penting memberikan kontribusi signifikan untuk memajukan bidang yang diteliti. Penilaian akhir tentang pentingnya temuan-temuan penelitian yang dilakukan dalam kaitannya dengan implikasinya. Indikasi keterbatasan penelitian. Saran untuk perbaikan terkait keterbatasan penelitian. Rekomendasi untuk penelitian berikutnya dan untuk perubahan kebijakan.
  8. Daftar Pustaka ( Referensi ). Karena semua makalah Jurnal EKBIZ UNHAM diterbitkan secara daring, termasuk referensi, diwajibkan untuk menyertakan tautan permanen (DOI) untuk semua referensi yang tersedia secara online. Penulis disarankan menggunakan aplikasi pengutipan Mendeley. Gaya kutipan dan referensi yang digunakan sebagai pedoman penulisan kutipan dan daftar referensi adalah American Psychological Association Style (APA Style). Jumlah referensi tidak perlu banyak yang penting bermutu (primer, mutakhir, relevan), Daftar referensi sebaiknya maksimal 20% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir, sisanya dari artikel-artikel nasional/internasional yang diterbitkan oleh jurnal bereputasi.
    1. Makalah harus ditulis dalam bahasa Indonesia dan diserahkan dalam bentuk siap jadi, dalam format Microsoft Word (.DOC, .DOCX, .RTF), dan tidak disarankan mengirimkan dalam format PDF, dengan ketentuan : (a). Jumlah halaman makalah adalah genap, dengan jumlah minimal 16 halaman dan maksimal 26 halaman termasuk referensi; (b). Artikel/Naskah ditulis menggunakan 1,5 spasi, justify, huruf Times New Roman ukuran 12 point reguler dan format penulisan kolom tunggal.            (c) Artikel/Naskah diketik pada kertas A4 (21 x 29,7 cm) dengan penulisan margin atas/bawah/kiri/kanan berurutan: 2,5/2,5/2,5/2,5; (d) Batas kepala dan kaki area tulisan (header dan footer) adalah 1,2 cm dan 1,2 cm. Permulaan alinea ditulis menjorok ke dalam 10 mm. Semua istilah asing dicetak miring (italic).                              (e). Penulisan persamaan menggunakan ukuran 12 point dengan menuliskan Nomor Persamaan yang diletakkan di dalam kurung pada akhir marjin kanan. Penulisan persamaan diberi jarak satu spasi pada sebelum dan sesudah penulisannya.
    2. Artikel/Naskah dikirim dengan menggunakan sistem pengiriman naskah daring kami (OJS). Kami akan melakukan pemformatan terakhir dan semua konversi format yang diperlukan dari naskah Anda.
    3. Anda harus masuk ke "Online Submission", dan mengunggah naskah Anda dengan menggunakan antarmuka online. Semua versi selanjutnya (revisi setelah review proses) harus diunggah dengan menggunakan ID Naskah yang sama dan kata sandi yang Anda tentukan.
    4. Penerimaan Naskah. Naskah yang diterima :Perhatian : Artikel anda akan diproses paling lama 30 hari. Harap tidak menghubungi Editor sebelum lewat 30 hari.
    5. Kami menerima makalah dalam bentuk elektronik Microsoft Word (.docx)
      Harap dicatat bahwa naskah harus diformat dengan benar agar dapat diterima.
      Instruksi pemformatan dapat ditemukan dalam template Word berikut (template .DOCX)dan harus diikuti dengan ketat.

Artikel

Kebijakan Bagian

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.