Strategi Inovatif untuk Meningkatkan Jangkauan Pasar UMKM Pengrajin Bambu melalui Edukasi Digital Marketing

Penulis

  • Heridayani Heridayani Akademi Manajemen Informatika dan Komputer ITMI
  • Nova Yesyca Naipospos Politeknik LP3I Medan
  • Fitri Ani Akademi Manajemen Informatikan Komputer ITMI
  • Prima Yanti Siregar Akademi Manajemen Informatikan Komputer ITMI
  • Suci Dianthiny Akademi Manajemen Informatikan Komputer ITMI
  • Wariyati Wariyati Universitas Muslim Nusantara Alwashliyah
  • Surya Hendra Putra Politeknik Ganesha Medan
  • Hotmantri Simbolon Akademi Manajemen Informatika dan Komputer ITMI

Abstrak

Transformasi digital telah menjadi faktor kunci dalam meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), khususnya dalam sektor kerajinan tradisional. Namun, keterbatasan literasi digital dan minimnya pemahaman tentang strategi pemasaran daring masih menjadi kendala utama bagi banyak pelaku usaha. Penelitian pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan strategi digital marketing guna meningkatkan jangkauan pasar dan pertumbuhan usaha pada UMKM pengrajin bambu "Sanggar Kreatif Bunga Matahari." Kegiatan ini dilakukan melalui serangkaian kegiatan, termasuk pembuatan dan optimasi akun bisnis di media sosial dan marketplace, pelatihan pembuatan konten pemasaran, serta penerapan strategi promosi digital. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterlibatan pelanggan melalui platform digital, peningkatan jumlah pelanggan dari luar daerah, serta pertumbuhan transaksi penjualan daring. Implementasi strategi ini membuktikan bahwa digitalisasi pemasaran dapat menjadi solusi efektif bagi UMKM dalam menghadapi tantangan persaingan di era ekonomi digital. Studi ini berkontribusi pada pengembangan model pendampingan digital bagi UMKM berbasis kerajinan tradisional dan membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut dalam efektivitas strategi pemasaran digital bagi sektor UMKM.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-07-23