Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Hamparan Perak
Kata Kunci:
Digital Marketing; UMKM; Kecamatan Hamparan PerakAbstrak
Perubahan sistem pemasaran dari tradisional menjadi digital marketing menjadikan banyak pelaku UMKM dalam melakukan perubahan dalam sistem pemasaran produknya melalui media sosial. Namun, dari survey dan Analisa di lapangan masih banyak pelaku UMKM yang belum memahami digital marketing. Kegiatan pengabdian masyarakat ini, bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan bagi UMKM tentang digital marketing dalam meningkatkan pemasaran dengan memanfaatkan media sosial. Metode pelaksanaan kegiatan abdimas yakni ceramah, dan diskusi secara langsung kepada pelaku UMKM. Peserta abdimas yakni para pelaku UMKM di Kecamatan Hamparan perak dusun V, Deli Serdang Sumatera Utara. Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat pelaku UMKM sebanyak 20 orang dengan kriteria belum mengetahui sistem digital marketing untuk pemasaran. Hasil dari kegiatan abdimas ini peserta diberi pengetahuan dan wawasan mengenai digital marketing mulai dari pengertian, jenis, dan pemanfaatannya bagi pemasaran produk UMKM. Selain itu peserta juga disajikan contoh-contoh pelaku UMKM sukses pengguna marketing digital